Rabu, 10 September 2014

Perhitungan Watak

Perhitungan Watak Demikian pula bagi setiap anak yang dilahirkan dihari-hari tersebut di bawah ini mempunyai watak-watak antara lain : 1. Akad. Akad, berarti pura-pura. Artinya anak yang dilahirkan pada hari Akad mempunyai watak suka berpura-pura. Apa yang ada dalam hatinya tidak cocok dengan apa yang dilahirkannya atau dilaksanakannya. 2. Senen Senen, berarti serba bagus dan apik. Artinya, anak yang dilahirkan pada hari Senen mempunyai watak gemar akan segala sesuatunya serba baik dan bagus. 3. Slasa, Selasa Slasa atau Selasa, berarti curitaga atau penuh kekawatiran. Artinya anak yang dilahirkan pada hari Selasa mempunyai watak tidak gampang mempercayai omongan orang lain. 4. Rebo, Rabu. Rebu atau Rabu, berarti mampu. Artinya, anak yang dilahirkan pada hari Rabu mempunyai watak mampu dalam segala hal. Dan menghendaki apa yang dikerjakannya harus selalu baik dan pantas. 5. Kemis, atau Kamis Kemis atau Kamis, berarti penuh perhatian. Artinya, anak yang dilahirkan pada hari Kamis mempunyai watak penuh perhitungan dalam melakukan atau mempertanggungjawabkan pekerjaannya. 6. Jumuah atau Jum’at Jumuah atau Jum’at, berarti suci. Artinya, anak yang dilahirkan pada hari Jum’at mempunyai watak dalam segala hal berharap sempurna dan tertib. 7. Sabtu Sabtu, berarti pandai memuji orang. Artinya, anak yang dilahirkan pada hari Saptu mempunyai watak suka atau mempunyai kebiasaan memuji-muji orang lain dan suka membual. Watak-watak dari kelima hari pasaran sebagai berikut di bawah ini : 1. Kliwon Mereka yang dilahirkan pada hari pasaran Kliwon mempunyai sifat micara. Atinya, pandai berbahasa dan halus kata-katanya. 2. Legi Mereka yang dilahirkan pada hari pasaran Legi, mempunyai sifat mengaku. Artinya, murah berjanji dan sanggup akan segala hal. 3. Paing Mereka yang dilahirkan pada hari pasaran paing, mempunyai sifat melikan. Artinya, selalu ingin memiliki segala sesuatu yang terlihat. 4. Pon Mereka yang dilahirkan pada hari pasaran Pon, mempunyai sifat pamer. Artinya, senang menonjol-nonjolkan kekayaannya. 5. Wage Mereka yang dilahirkan pada hari pasaran Wage, mempunyai sifat malu. Artinya, kaku hatinya. Sifat dan watak masa Surya. 1. Kasa Masa Kasa mempunyai watak belas kasihan. Lambang dari masa Kasa adalah, “Sotya murca ing embanan” (Permata lepas dari ikatannya). Masa Kasa datang bertepatan dengan daun-daun pepohonan banyak yang berguguran. 2. Karo Masa Karo mempunyai watak ceroboh. Lambang dari masa Karo adalah, “Bantala rengka” (Tanah lekang). Masa Karo datang bertepatan dengan tanah-tanah banyak yang lekang. 3. Katiga Masa Katiga mempunyai watak kikir atau lokek. Lambang dari masa Katiga adalah “Suta manut ing bapa” (Anak menurut atau patuh pada orang tuanya). Masa Katiga datang bertepatan dengan tumbuhnya lung. 4. Kapat Masa Kapat mempunyai watak suka berhias diri atau selalu ingin tampak bersih dan apik. Lambang dari masa Kapat adalah, “Waspa Kumambang jroning kalbu” (Air mata menggenang dalam hati). Masa Kapat datang bertepatan dengan keadaan udara yang lembab, dan panas. 5. Kalima Masa Kalima mempunyai watak gelatak (juweh). Lambang dari masa Kalima adalah, “Pencuran mas sumawur ing jagad” (Pancuran emas, merata di bumi). Masa Kalima datang bertepatan dengan awal jatuhnya hujan. 6. Kanem Masa Kanem mempunyai watak cerdas, pandai, Lambang dari masa Kanem adalah , “Rasa mulya kasucian” (Rasa mulia dan berhati suci). Masa Kanem datang bertepatan musim buah-buahan. 7. Kapitu Masa Kapitu mempunyai watak ringan tangan (suka menempeleng). Lambang dari masa Kapitu adalah, “Wisata kentir ing maruta” (Racun tertiup angin). Masa Kapitu datang bertepatan banyaknya penyakit. 8. Kawolu Masa Kawolu rnempunyai watak madya (tidak berlebih-lebihan,sederhana). Lembang dari masa Kawolu adalah, “Anjrah jroning kayum” (Berkembang di lubuk hati). Masa Kawolu datang bertepanan dengan masa berkembang biaknya hewan. 9. Kasanga Masa Kasanga mempunyai watak berabah (ramai). Lembang dari masa Kasanga adalah, “Wakaring wacana mulao” Berucapkan kata-kata yang bijaksana. Masa Kasanga datang benepatan dengan musim riang-riang (gangsir) mulai mendesing-desing. 10. Kasadasa Masa Kasadasa mempunyai watak mudah tersinggung. Lambang dari masa Kesadasa adalah, “Gedlong minep jroning kalbu” (Tampak sebuah gedong tertutup). Masa Kasadasa datang bertepatan dengan waktu hewan-hewan sedang mengandung. 11. Dasta Masa Dasta mempunyai watak suka mengambil barang yang bukan miliknya. Lambang dari masa Dasta adalah “Sotya sinarawadi” (Mempersekutukan kekayaan). Masa Dasta datang bertepatan dengan menetasnya telur-telur yang dierami burung-burung. 12. Sadda Masa Sadda mempunyai watak bersahaja. Lambang dari masa Sadda adalah, “Tirta sah sing sasana”. (Air telah mengalir dari sumbernya. Masa Sadda datang bertepatan dengan musim dingin (padiding). Watak-watak hari Padewan yang dipergunakan sebagai rangkapan Pandangon untuk wuku. 1. Sri Watak Dewi Sri adalah besar rasa belas kasihannya. Pada hari padewan Sri, Sebaiknya dipergunakan untuk memulai menanam padi dan kelapa. 2. Endra Watak Dewa Endra adalah sombong, angkuh, teliti dan berhati-hati. Pada hari padewan Endra seyogyanya dipergunakan untuk menuntut ilmu. 3. Guru Watak Dewa Guru senang memberikan anugerah dan mencoba diri seseorang. Pada hari padewan Guru sebaiknya menjalankan sarana sesaji dengan memasang tumbal-tumbal (penolak bala). 4. Yama Watak Dewa Yama adalah pemaaf dan bijaksana. Pada hari padewa Yama sebaiknya dipergunakan untuk berdagang melalui lautan (berlayar). 5. Rudra Watak Dewa Rudra adalah bijaksana dan pemurah hati. Pada hari padewan Rudra sebaiknya dipergunakan untuk membuat sumur. 6. Brama Watak Dewa Brama adalah pemarah, tetapi segala perintahnya mengandung kebijaksanaan. Pada hari padewan Brama sebaiknya dipergunakan untuk membuka hutan, dan mengerjakan sawah (menggaru sawah dan membajak). 7. Kala Watak Dewa Kala adalah tidak bisa dipercaya dan suka berbohong. Pada hari padewan Kala sebaiknya dipergunakan untuk membuat larangan dan undang-undang (pepacak). 8. Uma Watak Dewi Uma adalah suka menolong orang yang kesusahan. Pada hari padewan Uma adalah baik sekali dipergunakan untuk membuat pagar rumah dan pekarangan (halaman). Makna dari hari pengapesan dan paringkelan. 1. Tungle Tungle mempunyai makna naas bagi daun-daunan. Mempunyai watak gampang berjanji, tetapi suka berdusta. Pakangsal mendengarkan, dan larangannya jangan menanam dan mencari (memetik) dedaunan. 2. Aryang Aryang mempunyai makna naas bagi manusia. Mempunyai watak suka lupa, pakangsal berbuat dusta dan menipu. Larangannya jangan mendirikan rumah dan nikah. 3. Warungkung Warungkung mempunyai makna naas bagi hewan-hewan. Mempunyai watak tidak atau kurang waspada yang akhirnya membawa bencana. Pakangsal, ajag (anjing hutan) berkeliling, dan larangannya jangan membuka hutan. 4. Paningron Paningron mempunyai makna naas bagi segala jenis ikan di air. Mempunyai watak gampang tertipu, tetapi berwatak suka memiliki yang bukan haknya (melikan). Pakangsal, berbuat atau suka mencelakakan orang lain. Larangannya memelihara ikan. 5. Owas Owas mempunyai makna naas bagi segala jenis burung. Mempunyai watak sombong dan tinggi hati. Pakangsalnya adalah memikat, Larangannya membuat kurungan. 6. Mawulu Mawulu mempunyai makna naas bagi semua benih. Mempunyai watak mempunyai syak wasangka dan suka memperkira-kirakan. Pakangsal mengolah sawah, dan yang menjadi larangannya menebar benih. Konon para wali sejak jaman Demak banyak menciptakan hari-hari yang dilengkapi watak-wataknya, demikian selanjutnya pada jaman Mataram sampai sekarang masih pula dilestarikan penggunaannya. Untuk melihat atau membaca hari baik atau kurang baik, dikenal istilah sawanggita (Budda). Pada jaman kewalian timbullah istilah pasangatan sebagai pengganti sawanggita tadi. Selanjutnya disusul adanya perhitungan perihal apa yang digolongkan karam, pancasuda, sangaran, nahas (naas), bangas, dan lain sebagainya. Juga perhitungan-perhitungan secara teliti untuk tahun-tahun candrasangkala dalam setiap tahunnya tak lupa diciptakan. Termasuk antara lain: bincilan, panagan, parijalan, jatingarang dan lain sebagainya. Dalam tulisan ini hanya dibatasi sekedar uraian yang menerangkan hal-hal tersebut di atas tadi. Sebaliknya bagi yang ingin mendalaminya kami persilakan untuk membaca buku-buku perimbon, petangan (perhitungan) dan pasatowan yang di dalamnya dengan lengkap akan dijelaskan perihal petangan dan cara-cara penggunaannya. Demikian pula perhitungan mengenai papan (rumah, tanah, pindah, dan lain sebagainya) dan mencari jodoh atau melaksanakan perkawinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar